Amalan yang Dianjurkan di Bulan Dzuhijjah

Umat muslim disarankan untuk melakukan berbagai amal baik di bulan Dzulhijjah, karena pahalanya akan dilipat gandakan. Amalan-amalan yang bisa dilakukan antara lain:
• Memperbanyak doa
• Memperbanyak zikir
• Memperbanyak takbir dan menyebut nama Allah Melantunkan shalawat kepada para Nabi dan Rasul.
• Naik haji (bagi yang mampu)
• Menyembelih hewan kurban saat Idul Adha dan dibagikan kepada yang membutuhkan
• Mendirikan salat sunnah, terutama salat taubat
Bagi yang mampu secara fisik maupun ekonomi, tunaikanlah Rukun Islam ke lima yakni naik haji. Jangan lupa untuk menunaikan umrah dan melaksanakan puasa sunnah Dzulhijjah, terutama di hari Arafah.
Sembelihlah hewan kurban dan bagikan dagingnya ke orang-orang sekitar yang membutuhkan di hari raya Idul Adha dan 3 hari tasryik.
Dirikanlah salat sunnah terutama salat taubat dan mintalah ampun ke yang Maha Kuasa. Perbanyak melakukan amal dan urungkan niat untuk memotong kuku serta rambut bagi Anda yang berniat kurban.
Rasullah bersabda, "Jika kamu melihat hilal bulan Dzuhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya," (HR. Muslim dan lainnya)
".... dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan..." (QS. AL-Baqarah, 196).

Demikian keutamaan melaksanakan puasa bulan Dzulhijjah dan amalan-amalan yang bisa dilakukan selama bulan tersebut.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Visualisasi Mimpi ke Baitullah..

Visualisasi Mimpi ke Baitullah.. Munculkan rasa rindu kita terhadap Baitullah, dan biarkan rasa rindu itu yang mengantarkan kita mendekat...

Popular Posts

Label

PROMO

Total Pageviews