6 Perbedaan Haji dan Umroh yang Harus Kamu Pahami


INFO PAKET UMROH
HP  0853 2222 6 200

Perbedaan Haji dan Umroh – Ibadah Haji dan Umroh merupakan ibadah yang di khususkan untuk umat islam dan keduanya dilakukan di kota Mekkah. Walaupun sudah sering kita dengar mengenai ibadah Haji dan Umroh ini, namun masih banyak kaum muslimin yang tidak tahu perbedaan dari Haji dan Umroh itu sendiri.
Hal ini seharusnya dijadikan sebagai motivasi untuk selalu semangat mengkaji ilmu Agama Islam. Karena ketika kita melakukan sebuah amalan tanpa ilmu maka hasilnya akan sia-sia. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai perbedaan haji dan umroh. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Pengetiannya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan Haji dan Umroh berdasarkan dari pengertiannya.
A. Pengertian Ibadah Haji
Haji merupakan salah satu dari rukun islam yang ke 5 dalam ajaran islam yang mana hukum dari ibadah ini adalah wajib bagi orang yang memiliki kemampuan untuk mengerjakannya dari segala sisi baik fisik maupun finansialnya.
B. Pengertian Ibadah umroh
Umroh merupakan suatu ibadah yang hampir sama dengan ibadah haji namun memiliki hukum yang tidak wajib atau bisa dibilang sunnah untuk dikerjakan. Dan Ibadah umroh juga dapat dikerjakan setiap hari, kecuali di hari yang diselenggarakannya Ibadah haji.

2. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Hukumya

Perbedaan yang kedua terletak pada hukumnya yang mana sudah disinggung di atas. Hukum ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, sementara ibadah umroh hukumnya sunnah muakat tetapi ada sebagian ulama yang mengatakan wajib bagi yang mampu.
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai hukum ibadah haji dan umroh mari kita lihat firman Allah SWT dalam Q,S Ali Imron ayat 97.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

“Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban terhadap Allah, yaitu bagi mereka yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji ini, maka sesungguhnya Allah adalah Tuhan Yang Maha Kaya yang tidak memerlukan sesuatu apapun dari semesta alam.”
Selain firman Allah swt diatas, ada banyak sekali hadist yang menjelaskan tentang hukum ibadah Haji dan Umroh ini. Salah satunya adalah sebagai berikut.
Hadits Jabir bin ‘Abdillah RA, ia berkata bahwa.
Rasulullah SAW ditanya mengenai wajib ataukah sunnah bagi umat Muslim untuk menunaikan umroh. Nabi SAW kemudian menjawab, “Tidak. Jika kau berumroh maka itu lebih baik.” (HR. Tirmidzi)
Ibadah Haji dan Umroh memang bukanlah suatu ibadah yang ringan. Hal ini dikarenakan selain harus memiliki biaya yang cukup juga harus memiliki kesehatan fisik yang kuat. Oleh sebab itu Allah swt tidak membebankan bagi mereka yang kurang mampu.

3. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Waktu

Perbedaan antara ibadah haji dan umroh berikutnya adalah terletak pada waktu pelaksanaannya. Untuk ibadah haji hanya dilakukan satu tahun sekali atau hanya pada musimnya saja sementara ibadah umroh dapat dilakukan sewaktu-waktu kecuali ketika musim haji atau diluar dari hari-hari dilaksanakannya ibadah haji.

4. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tempat


Kemudian perbedaan haji dan umroh yang selanjutnya adalah berdasarkan tempat pelaksanaan kedua ibadah tersebut. Memang haji dan umroh sama-sama dikerjakan di Masjidil Haram atau makkah, akan tetapi ada beberapa tempat yang tidak dikunjungi pada saat melaksanakan ibadah umroh.
Ketika melaksanakan ibadah haji harus melakukan rukun yang berada di luar mekah seperti wukuf di Arafah dan bermalam di situ serta lempar jumroh di mina. Yang mana dalam ibadah umroh hal itu tidak dilakukan.

5. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Rukun dan Cara Pelaksanaannya


Adapun perbedaan ibadah Haji dan Umroh menurut rukun dan tata caranya seperti berikut.
•Rukun umroh: Ihram, Tawaf, Sya’i, dan Tahalul.
•Rukun haji: Ihram, Tawaf, Sya’i, Tahalul, wukuf, diarafah, bermalam di Muzdhalifah, dan lempar jumroh di Mina.

6. Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Tingkat Keramain

Mengenai keramaian pada saat ibadah haji dan umroh sangat berbeda, sudah pasti lebih ramai ibadah haji dibandingkan dengan ibadah umroh karena ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sehingga tidak perlu sampai berdesak-desakan.
Sangat berbeda dengan ibadah haji yang hanya dilakukan satu tahun sekali, dimana seluruh umat islam di segala penjuru berkumpul di makkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Hal ini juga berdampak untuk negeri yang mayoritas muslim seperti Indonesia yang harus antri terlebih dahulu sebelum berangkat ibadah Haji.
Nah itulah beberapa perbedaan Haji dan Umroh yang harus kamu ketahui. Jadi kedua ibadah tersebut merupakan ibadah yang banyak memiliki keutamaan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan semoga Allah swt mengizinkan kita untuk melaksanakan Ibadah Haji dan Umroh. Aamiin
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Visualisasi Mimpi ke Baitullah..

Visualisasi Mimpi ke Baitullah.. Munculkan rasa rindu kita terhadap Baitullah, dan biarkan rasa rindu itu yang mengantarkan kita mendekat...

Popular Posts

Label

PROMO

Total Pageviews