Istilah-Istilah Haji dan Umroh

Arafah adalah hamparan area padang pasir yang terletak 24 km sebelah timur dari Mekkah dimana jamaah haji melaksanakan wuquf pada 9 Dzulhijjah.
Baqi dikenal juga sebagai Jannatul Baqi atau Baqi Gharqad adalah kompleks pemakaman di Madinah, tepatnya di sebelah timur kompleks Masjid Nabawi. Di sana dimakamkan jenazah keluarga, sahabat dan keturunan Nabi, juga penduduk Madinah hingga sekarang.
Bathnul Wadi yaitu kawasan antara bukit Shafa dan Marwah (lokasi Sa’i) yang sekarang ditandai dengan lampu hijau.
Bir Ali dikenal pula sebagai Dzulhulaifah adalah kawasan yang terletak sekitar 20 km dari Makkah dan menjadi tempat miqat bagi jamaah yang berasal dari arah Kota Madinah.
Dam berarti darah dimana maksudnya adalah mengalirkan darah (menyembelih ternak kambing, unta atau sapi dalam rangka memenuhi ketentuan manasik) atau bisa juga menjadi denda yang ditebus karena jamaah melanggar ketentuan haji atau umroh.
Fidyah yakni denda atau tebusan yang dikenakan karena melakukan pelanggaran atau kesalahan dalam beribadah seperti menyembelih binatang qurban, berpuasa, dengan memberi makan sejumlah tertentu kepada fakir-miskin.
Hajar Aswad adalah batu hitam yang diletakkan di sudut timur Kakbah.
Haji adalah salah satu ibadah wajib dalam Islam bagi yang mampu. Dilakukan dengan berkunjung ke Baitullah guna melaksanakan thawaf, sa’i dan wukuf di Arafah untuk memenuhi panggilan Allah.
Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhujjah, dinamakan hari Arafah karena pada hari itu semua jemaah haji melaksanakan wuquf di padang Arafah.
Hari Tasyrik jatuh pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah dimana semua jemaah haji berada di Mina untuk mabit dan melontar jumroh. Pada tasyrik, ummat Muslim yang tidak berhaji menyembelih qurban dan diharamkan puasa di hari ini.
Hijr Ism’il merupakan halaman yang dikelilingi tembok rendah berbentuk setengah lingkaran (disebut al-hatim) terletak di kanan dari pintu Ka’bah dan Maqam Ibrahim atau sebelah utara dari Ka’bah.
Ihram adalah niat untuk memulai beribadah haji atau umrah, dilakukan di tempat-tempat miqat yang telah ditentukan Rasulullah SAW.
Jabal Uhud, bukit Uhud atau gunung Uhud  adalah gunung terbesar yang ada di wilayah Madinah. Gunung ini juga menjadi lokasi bersejarah perang Uhud antara kaum Muslimin melawan kaum Musyrik pada 3 H.
Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang terletak di padang Arafah, 25 km dari arah tenggara kota Makkah. Dikisahkan bahwa Adam dan Hawa kembali bertemu setelah terpisah sekian lama di bukit ini.
Jamrah atau jumroh adalah salah satu rukin haji dimana jamaah melempar batu kerikil (yang diambil ketika mabit) ke tempat jamrah yang dilakukan 3 kali yaitu Jamrah Ula, Jamrah Wustha dan Jamrah ‘Aqabah.
Ka’bah atau Baitullah, Rumah Allah adalah bangunan suci berbentuk kubus yang merupakan rumah ibadah pertama kali yang ada di muka bumi, terletak di Masjidil Haram di Mekkah dimana jutaan ummat Muslim dari seluruh dunia mengunjunginya tiap tahun saat haji maupun umroh.
Mabit adalah tempat untuk menetap atau menginap di malam hari
Maqam Ibrahim adalah lokasi pijakan kaki nabi Ibrahim as ketika membangun Ka’bah.
Masjidil Haram adalah masjid tertua yang ada di bumi dimana berfungsi sebagai bangunan pengeliling Ka’bah dan terletak di Kota Suci Makkah.
Mina adalah hamparan padang pasir yang panjangnya sekitar 3.5 km terletak di antara Kota Makkah dan Lembah Muzdalifah.
Miqat Zamani adalah batas waktu melaksanakan haji dari tanggal 1 Syawal sampai dengan terbit fajar 10 Dzulhijjah.
Miqat Makani adalah batas tempat untuk mulai melaksanakan ihram haji atau umroh. Terdapat lima lokasi miqat yaitu di Dzulhulaifah/Bir Ali, Juhfah, Qarnul Manazil, Yalamlam, Dzatu-‘Irq.
Mua’shim merupakan terowongan yang terletak di Mina 15 km sebelah timur dari Makkah.
Multazam adalah tembok yang terlekat di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah.
Muzdalifah adalah area terbuka yang terletak di sebelah tenggara Mina, di jalur perjalanan Mina menuju ke Arafah.
Nafar adalah istilah yang merujuk pada rombongan jamaah haji.
Nafar Awal adalah rombongan haji yang meninggalkan Mina pada tanggal 12 Dzulhijjah
Nafar Tsani adalah rombongan haji yang meninggalkan Mina pada tanggal 13 Dzulhijjah
Nahr adalah “hari penyembelihan” yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah
Qarnul Manazil adalah nama sebuah bukit 95 km dari timur Kota Makkah.
Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW saat hijrah ke Kota Madinah.
Raudhah adalah salah satu tempat yang mustajab untuk berdo’a di Masjid Nabawi. Terletak di antara mimbar dan rumah Rasulullah SAW dengan luas sekitar 22 meter (timur ke barat) kali 15 meter (utara ke selatan). Lokasi ini diberi tanda batas dengan 4 pilar tiang berwarna putih.
Rukun Haji adalah rangkaian amalan yang wajib dalam ibadah haji dan tidak dapat diganti. Rukun haji ada 6 meliputi niat ihran, thawaf, sa’i, wuquf, tahallul dan tertib.
Sa’i adalah salah satu rukun umroh/haji dimana jamaah berjalan agak cepat dimulai dari bukit Shafa ke bukit Marwah (satu kali) dan sebaliknya hingga tujuh kali.
Shalat Arba’in maksudnya “sholat empat puluh”, artinya adalah melakukan sholat berjamaah hingga 5 kali dalam sehari dalam waktu 8 hari berturut turut tanpa berhenti di Masjid Nabawi Madinah.
Tahallul adalah terbebasnya seseorang dari halangan dan pantangan selama ihram, seperti berhubungan suami-istri, memakai wewangian, menikah atau menikahkan dan larangan lainnya. Tahallul dicapai setelah jamaah melaksanakan semua rukun haji/umroh lalu bertahallul dengan memotong rambut.
Thawaf adalah mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali, berlawanan arah jarum jam, dimulai dan diakhiri di sudut (rukun) sejajar Hajar Aswad.
Thawaf Sunnah adalah thawaf yang wajib dilakukan di Ka’bah dan tidak boleh diikuti dengan sa’i.
Thawaf Ifadah adalah thawaf rukun haji wajib dilaksanakan dalam pelaksanaan ibadah haji. Thawaf ifadhah ini wajib dilaksanakan setelah lewat tengah malam hari nahr (tanggal 10 Dzulhijjah).
Thawaf Wada’ adalah salam perpisahan bagi seseorang yang telah selesai melaksanakan ibadah haji atau umrah dan meninggalkan makkah sebagai ucapan penghormatan akhir sebelum meninggalkan Makkah.
Thawaf Qudum adalah thawaf yang dilaksanakan sebagai penghormatan pada saat pertama masuk Masjidil Haram.
Umrah  adalah berkunjung ke Baitullah guna melakukan thawaf, sa’i dan cukur.
Wuquf adalah berdiam diri di Arafah walaupun sejenak dalam waktu antara tergelincirnya matahari tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah (hari Nahar).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Visualisasi Mimpi ke Baitullah..

Visualisasi Mimpi ke Baitullah.. Munculkan rasa rindu kita terhadap Baitullah, dan biarkan rasa rindu itu yang mengantarkan kita mendekat...

Popular Posts

Label

PROMO

Total Pageviews